Tugas riset tentang strategi belajar dan mengajar di
Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar
Sifat riset: Kelompok maksimal tiga orang
1.
Surat ijin ke Madrasah
ibtidaiyag/Sekolah dasar minta kepada subag akademik di rektorat lantai satu
Poin-poin suratnya:
1.
Kepada kepala
madrasah/sekolah dasar
2.
Perihal surat: belajar
bersama
3.
Nama mahasiswa, nim,
program studi/jurusan/fakultas IAIN Pekalongan
4.
Maksud/tujuannya: belajar
bersama guru tentang strategi belajar mengajar di madrasah ibtidaiyah/sekolah
dasar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah/sekolah
5.
Tugas Mata kuliah: strategi
belajar mengajar
6.
Dosen pengajar : Moh.
Muslih, Ph. D
7.
Penutup surat: ucapan
terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya
8.
Penanda tangan surat: Subag
akademik IAIN Pekalongan
2.
Waktu pelaksanaan riset :
20 September sd. Selesai
3.
Lama waktu : Riset di kelas
minimal 3 kali pertemuan dan di luar kelas tiga kali
4.
Teknik Riset: 1. Wawancara
: disiapkan daftar pertanyaan ttg strategi belajar mengajar dan alat perekam
serta ditranskrip, 2. Observasi: disiapkan peralatan shoting utk dibuat video
ttg pembelajaran di kelas dan di luar kelas, 3. Dokumen resmi pembelajaran:
rencana pelaksanaan pembelajaran, rapot, silabus, buku rujukan belajaran, dan
bahan-bahan pelajaran , dll
5.
Alasan pemilihan madrasah
sebagai tempat riset
6.
Kelas rendah dan tinggi
FORMAT LAPORAN HASIL RISET TTG STRATEGI
BELAJAR MENGAJAR DI MADRASAH/SEKOLAH
1.
HALAMA DEPAN: JUDUL
LAPORAN: LAPORAN HASIL RISET TTG. STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DI
MADRASAH/SEKOLAH…………, AMA TIM RISET: ….., PROGRAM STUDI/FAKULTAS/IAIN
Pekalongan
2.
HALAMAN ISI: PENDAHULUAN
(Bab satu)
A.
LATAR BELAKANG : MAKSIMAL
TIGA PARAGRAF: 1. POSISI/KEDUDUKAN SBM DLM PROSES PEMBELAJARAN , 2. ISU-ISU
TTG. SBM : KOMPETENSI GURU TTG. SBM .DNGAN DIDUKUNG DATA DAN FAKTA-RUJUKAN, 3.
RASIONALISASI TTG. ISU-ISU TSB HARUS DIPERBAIKI (TIDAK BOLEH LEBIH SATU LEMBAR
)
B.
RUMUSAN MASALAH: BAGAIMANA
MODEL PEMBELAJARAN/PROSES BELAJAR MENGAJAR YANG DILAKUKAN GURU?
C.
TUJUAN RISET: UNTUK
MENGUNGKAP/MENEMUKAN ……
3.
METODE RISET (bab 2)
4.
Teori SBM (bab 3)
5.
Pembahasan dan analisis
Hasil riset ttg. SBM di Madrasah…… (bab IV)
5.1. Kelebihan SBM yg telah diterapkan oleh guru: ………………..
5.2. Kelemahan SBM yg telah diterapkan oleh guru: ……………
6.
Penutup: simpulan dan saran
dan rekomendasi (bab V)
7.
Rujukan

Tidak ada komentar:
Posting Komentar